Oleh: efraimmasarrang | November 20, 2012

Cara paling mudah menggabungkan File PDF di Mac OS X

Cara menggabungkan file PDF di MAC OS XCara paling mudah menggabungkan File PDF di Mac OS X – Hello readers, setelah kemarin selesai membuat tutorial tentang cara melakukan prinscreen di Mac OS X maka kali efraim anak desa ingin berbagi pengalaman mengenai bagaimana Cara paling mudah dan paling cepat untuk menggabungkan beberapa File PDF menjadi hanya 1 file PDF saja di Mac OS X.

Terkadang kita menemukan kesulitan dalam menggabungkan beberapa jenis file PDF, penggabungan ini memungkinkan kita untuk menggabungkannya hanya dalam satu (1) file pdf saja, baik itu gambar, atapun Pdf document. Beberapa orang tidak ingin repot untuk membawa beberapa file PDF yang hampir sama jenisnya dan yang seharusnya dapat dengan mudah untuk digabungkan menjadi 1 file saja. Keuntungan lain bila dilakukan penggabungan adalah kita akan lebih mudah untuk melakukan print file PDF sehingga anda hanya perlu melakukan 1 (satu) kali setting printer dan semua file anda akan tercetak sebagai mana mestinya.

Apa yang anda perlukan??

Operating system / sistem operasi Mac OS X telah dilengkapi dengan aplikasi untuk membuka / me-load berbagai jenis file mulai dari gambar, pdf, animasi, dan lain sebagainya. Aplikasi ini disebut dengan nama PREVIEW. Anda pengguna Mac OS X pasti sudah mengenal aplikasi ini.

Bagaimana cara melakukannya??

Cara melakukan trik ini sangatlah mudah dan sederhana, anda hanya perlu menggunakan mouse dan melakukan drag-drag / penggeseran-penggeseran file saja, berikut saya berikan langkah-langkahnya:

  1. Bukalah file / dokumen PDF yang ingin anda gabungkan, buka file tersebut menggunkan aplikasi PREVIEW anda. bila anda tidak mengetahui cara membuka file dengan preview, maka Klik kanan file tersebut dan pilih open with kemudian pilih preview. Mudah bukan?
  2. Sebagai contoh saya memiliki 2 (dua) file PDF yang akan saya gabungkan. Nama filenya yaitu AB dan C.  Saya berencana untuk menggabungkan file C masuk ke dalam file AB sehingga keduanya bersatu. Perhatikan gambar berikut ini:
    Cara menjadikan satu file PDF mac OSX
  3. File C merupakan file yang hanya memiliki 1 halaman saja / single page, akibatnya adalah sidebar disamping file tidak akan muncul. Sidebar ini akan memunculkan thumbnail tiap halaman dari file pdf tersebut. Bila file PDF memiliki banyak halaman maka sidebar tersebut akan langsung muncul dengan sendirinya. Cara memunculkan sidebar ini bila file hanya terdiri dari satu halaman inilah dengan klik tanda panah bersusun pada halaman tersebut. Perhatikan gambar berikut:
  4. Sekarang tinggal menggabungkannya. Aktifkan file C kemudian klik thumbnail halaman pada sidebar file C. Klik dan tahan thumbnail halaman C dan drag/geser tepat di bawah thumbnail halaman B yang terdapat pada sidebar file AB. Bila file C memiliki banyak halaman, maka anda dapat memilih halaman mana saja yang ingin anda pindahkan, bila ingin memindahkan semua halaman maka anda hanya perlu menekan Cmd+A pada keyboard anda. perhatikan gambar berikut:
  5. Sekarang file pdf tersebut telah tergabungkan menjadi 1 (satu) file pdf saja. Bagaimana, mudah kan??

Demikianlah tutorial mengenai cara menggabungkan file PDF di MAC OS X, semoga anda terbantu.

:) Bila anda terbantu dengan tulisan ini, jangan lupa untuk meninggalkan pesan dan komentar anda di akhir tulisan ini, semua komentar anda akan membuat saya lebih baik lagi dalam berkarya, terima kasih :)

Copyright @efraimmasarrang.wordpress.com / november 2012

Logo Efraim Masarrang

Klik Saya Untuk Kembali ke Halaman Utama / Home


Tinggalkan komentar

Kategori