Oleh: efraimmasarrang | November 6, 2012

Cara mencegah Virus dengan mematikan AUTORUN

Apakah yang dimaksud AUTORUN?? Apa kaitannya dengan VIRUS komputer??

Mematikan Autorun XP dan 7Fungsi Autorun adalah perintah yang memungkinkan suatu perangkat atau device baru yang di colokkan atau di hubungkan ke komputer akan terbaca otomatis. Autorun berasal dari dua kata yaitu “auto” yang berarti otomatis dan “run” yang berarti berjalan/beroperasi jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa autorun membuat perangkat komputer akan membaca dan menjalankan secara otomatis perangkat / device yang dihubungkan, perangkat yang saya maksudkan seperti flashdisk/flashdrive, harddisk, dan lain sebagainya.

Perangkat FLASHDISK merupakan perangkat yang paling sering dan paling populer saat ini untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. Tetapi tahukah anda bahwa saat anda menggunakan/menghubungkan flashdisk anda dengan suatu komputer atau laptop yang sedang bervirus maka virus tersebut akan tinggal di flashdisk anda?? Semestinya anda telah mengetahui hal tersebut.

Kelemahan inilah yang dimanfaatkan oleh banyak pembuat virus untuk menyebarkan virusnya. Tujuan penyebarannya macam-macam, ada yang hanya sekedar ingin iseng, ada juga ingin mencuri data-data sang komputer yang ditulari, dan lain sebagainya. Jadi secara singkat, bila flashdisk anda yang sedang ber”VIRUS” di hubungkan di komputer yang AUTORUN-nya masih aktif, maka dengan sendirinya virus tersebut akan berjalan dan menginfeksi komputer tersebut, sehingga cara paling aman adalah dengan mematikan fungsi autorun ini.

Apa keuntungan mematikan autorun??

Keuntungannya adalah saat anda memasukkan flashdisk yang memiliki virus di komputer anda maka komputer tidak akan segera menjalankan virus tersebut sehingga virus masih berupa file aplikasi biasa. Nah, saat inilah anda lakukan SCANNING pada flashdisk tersebut dengan menggunakan ANTIVIRUS yang terdapat pada komputer anda sehingga antivirus dapat mengamankan atau menghilangkan virus dalam flashdisk sebelum anda membuka isi flashdisk tersebut.

Cara mematikan AUTORUN??

Caranya sangat mudah, Apalagi bila anda menggunakan windows 7, berikut saya berikan langkah-langkah yang jelas agar anda bisa mempraktekkannya langsung:

Mematikan AUTORUN windows XP

  1. Klik tombol START dan pilih RUN (Ctrl+R)
  2. ketikkan gpedit.msc dan tekan OK
  3. Pada Computer Configuration, expand Administrative Templates –> System
  4. Pada jendela sistem di sebelah kanan, carilah pilihan TurnOFF autoplay
  5. Klik kanan turnoff autoplay -> properties
  6. Ubah statusnya menjadi ENABLE
  7. pada Pada “Turn off Autoplay on” pilih “All drives” > Apply > OK
  8. Lakukan pula hal yang sama pada User Configuration
  9. Exit jendela group policy editor
  10. Sekarang AUTORUN windows XP anda sudah OFF

Mematikan AUTORUN windows 7

Pada windows 7, fitur autorun-nya sangat mudah untuk di matikan, anda hanya perlu menggunakan mouse, tidak seperti pada windows versi sebelumnya. Mengapa saya katakan sangat mudah, Ini langkah-langkah mematikan autorun di win7:

  1. Buka control panel (Start -> Control Panel)
    Disable AUTORUN WINDOWS 7
  2. Pilih menu Hardware and Sound
    Mematikan AUTORUN WIndows 7
  3. Kemudian pilih menu Autoplay.
  4. Pada jendela Autoplay terdapat pilihan “Use autoplay for All media and devices“. Jika tanda ceklistnya masih ada, Hilangkan tanda tersebut. lalu klik SAVE untuk menyimpan pengaturan.
    Disable autorun win 7
  5. Sekarang AUTORUN windows 7 anda sudah OFF

Demikianlah tutorial tentang cara mencegah infeksi virus komputer dengan mematikan fungsi autorun komputer. Semoga anda terbantu, atau paling tidak, dapat menambah wawasan anda.

Bila ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk membubuhkan komentar kamu di bawah. Komentar kamu akan membuat saya lebih baik lagi, salam.

Copyright @efraimmasarrang.wordpress.com / November 2012

Logo Efraim Masarrang


Responses

  1. Wah, ini tulisan yang saya ingin baca. terima kasih sobat udh berbagi pengalamanmu melalui tulisan di blog ini. Salam kenal dan terima kasih atas partisipasinya pada blog blog saya🙂

    • Oke teman… terima kasih telah berkunjung… smoga sukses slalu,,,

  2. thanks infonya gan

    • Sip sip… semoga membantu ya…

  3. thank you 1000x

    • oke oke…

  4. maaf mas,kalo anti virusnya ga ada gmn tuh?apa ada fungsinya mematikan autorun untuk mencegah virusnya ? terima kasih

    • Hmm.. Setahu saya .. Fungsi autorun hanya mencegah komputer (laptop/PC) menjalankan secara Otomatis Perangkat keras portable seperti FD, External HDD, dll yang di pasang pada laptop ataupun PC Sehingga Virus yang ada pada FD anda tidak akan langsung terbaca ataupun aktif menyerang komputer anda. Saat fungsi autorun anda telah di matikan dan ternyata anda membuka FD tersebut tanpa melakukan scanning terlebih dengan Anti Virus maka dengan kata lain anda telah mengaktifkan virus yang terdapat pada FD anda sehingga virus tersebut dapat RUN dan menyerang Komputer anda. Saran saya adalah install Antivirus di komputer anda agar lebih aman.🙂

      • nah,,, klo gt g bisa instal ulang dong,,
        klo perangkat keras portablenya g jalan
        mohon jawabannya ^_^

      • Install ulang apa gan??
        Bisa kok.. kan agan tinggal buka aja di Windows Explorernya agan aja.,
        Autorun cuma buat jalanin otomatis gan,, nanti kalo di WE nya tetap terbaca kok kayak harddisk biasa.

  5. CARA BUAT AD HOC BAGAIMANA YA ?

  6. bisa tolong bagi kan langkah2 setting ad hoc ?

    • Maaf gan.. kurang tau saya soal ah hoc


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: