Oleh: efraimmasarrang | November 18, 2012

Cara menghilangkan bunyi bodi / kap motor yang bergetar

Cara menghilangkan bunyi body motor yang bergetar – Hello everyone, senang sekali hari ini efraim anak desa bisa menulis lagi tips-tips yang mungkin berguna bagi semua orang, setelah kemarin selesai menulis tentang Cara paling singkat untuk download video Youtube. Hari ini tulisan yang saya ingin bagikan yaitu bagaimana cara membuat body / kap / casing motor tidak bunyi / bergetar??

Pasti yang punya motor bebek HONDA, pasti pernah mengalami dan kewalahan dalam mengatasi ini, soalnya saya juga pernah dan sering mengalaminya, hehe. Baru-baru ini saya membuat motor teman saya yaitu Honda supra X125R bodinya tidak bergetar lagi, sebab beliau mengatakan bahwa bunyi bodi motornya saat berjalan lebih keras dari suara motornya, 😀

Apa penyebabnya??

Penyebab utama bodi / kap / casing motor bergetar adalah akibat getaran mesin saat motor berjalan, selain itu faktor jalan yang tidak rata juga membuat bodi menjadi bergetar, mengapa demikian??
Bodi motor yang umumnya terbuat dari plastik rentan untuk mengalami pemuaian dan pergeseran, bodi yang dulunya sangat rapat menjadi longgar akibat pemakaian yang cukup lama, bila antara bodi motor terdapat celah maka yang terjadi adalah kap atau bodi motor akan mulai berbunyi. Biasanya terjadi pada bagian sambungan batok motor  / bagian headlamp motor, bagian samping bodi, dan bagian lampu belakang.

Bagaimana Cara mengatasinya??

Cara mengatasinya cukup mudah, sederhananya adalah kita akan menambah bantalan di antara casing yang bercelah tersebut sehingga getaran yang terjadi dapat diredam oleh bantalan ini sehingga tidak berbunyi lagi. lalu apa bantalan yang cocok?? tunggu dulu.. berikut saya berikan alat dan bahan yang anda butuhkan.

Alat dan bahan yang di butuhkan:

  1. double tip yang tebal – jenis double tip yang tebal biasanya dilapisi oleh plastik berwarna hijau, berikut contonya:
  2. Silet atau cutter yang tajam – alat ini hanya berfungsi untuk memotong double tip yang kelebihan, contohnya:
  3. Obeng – Obeng tentu saja untuk membuka casing / body motor anda, contohnya:

Langkah-langkahnya:

  1. Buka body motor anda, bagian manapun yang anda rasa berbunyi, usahakan untuk memisahkan bagian tersebut.
    Cara mengatasi bunyi batok motor
  2. Pasang bantalan / double tip diantara kedua bagian tersebut, usahakan bagian yang rawan berbunyi menjadi perhatian anda untuk memasang double tip / bantalan tersebut. ada dapat menggunakan kedua sisi double tip ataupun hanya satu sisi, artinya anda tidak perlu melepas plastik pelindung pada sisi lainnya. perbedaannya adalah bila anda menggunakan kedua sisi double tip maka casing / body akan lebih erat tetapi anda akan menemukan kesulitan bila ingin membuka lagi casing tersebut di lain waktu. Jangan memotong / membagi dua double tip terlebih dahulu biarkan double tip menjuntai keluar. Nanti pada saat kedua sisi casing / kap / body motor anda telah bersatu barulah anda memotong bagian yang lebih tersebut dengan cutter / silet.
    cara meredam bunyi kap motor
  3. Sambungkan kedua casing motor anda tersebut yang telah anda pasangkan bantalan / double tip.
  4. Potong bagian double tip yang lebih dengan menggunakan cutter atau silet anda sehingga tidak ada lagi bagian bantalan yang keluar.
  5. Motor anda siap digunakan, Niscaya tidak berbunyi lagi kap motor tersebut.

Demikianlah cara singkat untuk membuat body atau casing motor anda tidak berbunyi akibat bergetar. Semoga berguna dan dapat membantu anda 🙂

Tinggalkan komentar anda di akhir tutorial ini, tiap komentar yang anda berikan akan memberi saya semangat baru dalam berkarya.. :) 🙂

Copyright @efraimmasarrang.wordpress.com / November 2012

Logo Efraim Masarrang


Tanggapan

  1. keren blognya

    • Iaa terima kasih… semoga membantu y…

  2. itu sma gk gan,sma mtor yamaha?…./khusus mtor honda aja gan?..

    • Sama aja kock gan… hehe

  3. motor ane kok masih bunyi ya bunyinya pas lg Di RPM 5000an Motor ane Abs Revo

    • Agan perhatiin bunyinya dmna.. nah klo msh bunyi artinya agan salah msang predamnya ato kurang tebel gan..

  4. Bagaimana cara nya body kap samping belakang kereta fit x tidak bergetar.

    • Prinsipnya adalah sama yaitu melapisi bagian yg bergetar dengan sesuatu (selotip) agar bunyi yg timbul karena getaran bisa di redam..

      Jika untuk Kap samping, kamu bisa buka capnya dan perhatikan bagian2 yang mungkin bisa menghasilkan bunyi jika bersentuhan dengan bagian yg lain so lapisi bagian tersebut.. niscaya tidak akan berbunyi lagi..

  5. jos gan. mantaaaab!!!!!!!

    • Berhasil kan bro??. hehehe.. senang bisa membantu.
      Artikel ini sudah banyak di copy oleh plagiat2 tetapi ini adalah tulisan saya asli dan dari pengalaman saya.
      so kalo ada artikel sejenis di tempat lain, itu adalah pencurian artikel. Apalagi kalo sumbernya tidak di bertahukan.

  6. kalo misalnya diganjal pake karet ban motor itu gimana mas??

    • Bisa aja boss.. pke karet ban motor tp pertimbanganny adalah.. akret ban motor itu tebel n belum memiliki perekat sehingga kamu harus siapin perekat lagi yg mungkin akan melukai atau bahkan berbekas di motor kamu kemudian hari.. selain itu karena tebal maka kemungkinan kap motor kamu akan sulit untuk di tutup.. semoga membantu..

  7. terima kasih infonya sangat membantu,Tapi double tip nya namanya apa ya gan?

    • Namanya double tip gabus yang tebal aja gan. Bilang aja yang warnanya hitam trus di lapisin plastik hijau. Pasti semua udah pada ngerti itu.

  8. Solusi double tape itu tak efektif dan menyelesaikan masalah Gan? Pengganjalan dengan double tape hanya bersifat sementara, paling lama 3 bulan getar akan muncul lagi. Diberi double tape lebih tebal lagi, hasilnya ya gitu juga. Saya udah capek 3 tahun bolak-balek bongkar batok tu Supra. Penyebabnya ya casing batok yang berkualitas murah dan mudah memuai jika kena panas/dingin cuaca ditambah dengan susunan rangka batok yang ringkih (terlalu banyak sambungan), inilah pangkal masalah semuanya. Satu-satunya solusi adalah menempa batok supra yang lebih tebal dan kokoh, tapi dimana pabrikan yang menjualnya. Setelah berfikir lama akhirnya saya sampai kepada kesimpulan yaitu solusi batok getar yang jitu adalah MENJUAL MOTOR SUPRA INI DAN MENGGANTINYA DENGAN MOTOR LAIN YANG GA BIKIN JENGKEL. Nah inilah solusi yang paling efektif!

    • Saya hanya bisa ngakak gan.. hehe

  9. mantaab mz.mkasih sharenya.

    • Oke gan

      • Bisa di Contohin Pake Video Ngga Bang ? Biar Lebih Jelas

      • Aduh.. Sayangnya saya telah lama membuat artikel ini, saat itu saya belum membuat videonya.. tapi saya rasa dari gambar2 tersebut kamu udah bisa ngerti. hehe

  10. Bisa Di Contohin Pake Video Apa Ngga Bang ?

  11. Thankz info nya bos

  12. kalo di batok kepala gmn cara nya gan?

    • Sama aja gan.. Pada intinya tujuannya adalah untuk membatasi gesekan antar kap motor.. di bagian manapun di motor kamu, hal ini berlaku boss..

  13. Info mantap gan terimakasih, langsung di coba

    • Selamat mencoba gan. Yang saya coba waktu itu adalah motor saya sendiri dan itu berhasil. semoga agan juga bisa bekerja dengan sempurna.

  14. 👏 keren 😋 gan…..

    • Makasih gan..

  15. PENYAKIT MOTOR HONDA MEMANG GITU GAN…
    MOTOR YAMAHA MAH ENGGAK KOG,,
    SUERR..!!

    • Iaa betul gan,, hehe

  16. Terima kasih

  17. Mantap ane coba dulu di motor ane nih, kebetulan suprit juga

    • Seep selamat mencoba gan

  18. Gan itu tahan lama gak efeknya

    • Tahan kok gan.. selotip seperti itu kuat bgt gan..

  19. Boleh juga Ideny 👍

    • Hehehe… smoga bermanfaat

  20. Bagus gan tapi cuma ngasi tambahan dikit
    Lebih sempurna lagi di lem pake sealen

    • Makasih gan infonya..

  21. beli doble tip nya dimana gan

    • Bnyak di toko alat tulis gan..

  22. Yups!!!! Inisiatif bgt&Salaam super Pak.

  23. Kalau scoopy bagian depan gimana mas ?

    • Intinya sama aja om. Gk ada yang beda kok, tinggal buka cap nya aja n pasangin kek bgtu gan. makasih


Tinggalkan komentar

Kategori