Oleh: efraimmasarrang | Agustus 3, 2012

Cara Menyembunyikan dan Melindungi File-file dengan PASSWORD di Mac OS X

CARA HIDDEN FILE MAC OS X

Hy reader, terima kasih telah berkunjung ke Blog saya ini. Kali saya akan memberikan sedikit tips tentang CARA MEMBUAT PASSWORD ATAU MENYEMBUNYIKAN / HIDING ATAU MENGAMANKAN FILE di Mac OS X.

Sekedar info, saya masih menggunakan Mac OS X 10.5 Leopard, saya belum memikirkan untuk mengubahnya menjadi OS MAC yang baru, karena HDD saya sudah hampir penuh.

Langsung saja, Kebanyakan dari kita pasti memiliki Gambar, File, Video, ataupun dokumen-dokumen yang rahasia atau bersifat pribadi dan tidak ingin di lihat oleh orang lain namun Mac OS X merupakan salah satu OS yang unik sehingga tidak ada file yang bisa hidden atau tersembunyi. Lalu sekarang pertanyaannya Bagaimana cara menyembunyikan file-file tersebut??

Solusinya adalah dengan membeli flashdisk dan membackup file-file tersebut, Ini adalah cara kuno, bagaimana tidak?? bila FD tersebut tidak sengaja jatuh atau anda lupa meletakkannya dimana kemudian di temukan oleh orang lain, malah jadi lebih parah.

Tutorial kali ini saya ingin membagi ilmu yang saya peroleh selama saya manggunakan Mac OS X. Cara paling mudah menyembunyikan file dan kemudian memberikan Password di mac OS X adalah dengan memanfaatkan fitur yang disebut DISK IMAGE.

Apa itu Disk Image??

Protect Files with Password Mac OS X

Disk Image merupakan fitur yang disediakan oleh Mac OS X untuk membuat suatu file, dimana file tersebut akan berupa Aplikasi yang akan menjadi sebuah Volume (Terbaca Seperti FD, Harddisk, dll) saat file tersebut di buka / “mount”. Terkadang Disk Image dibuat untuk menyebarkan software-software ataupun file yang jumlahnya banyak dan ukurannya besar di Internet. Disk Image akan berformat .DMG (khusus MAC) sehingga tidak akan terbaca di Windows.

Cara membuat Disk Image??

  1. Buka aplikasi Disk Utilities di Mac kamu ( Anda dapat mencarinya di Application/Utilities/Disk Utility atau dapat pula menekan shortcut di finder yaitu Cmd + Shift + U –> Disk Utility)
  2. Pada jendela Disk Utilities, pilih File dari taskbar di atas dan kemudian pilih New/Blank Disk Image.
    Anda dapat melihat gambar berikut untuk memudahkan anda mencarinya:
    Protect Files on Mac OS X with Password
  3. Selanjutnya akan muncul jendela baru yang berisi Form pembuatan disk image, Isilah kolom tersebut sesuai dengan permintaan yang di butuhkan seperti:
    • Save As : Ketikkan nama disini dan Inilah yang akan menjadi nama File disk image yand akan anda buat. Sebagai contoh saya memberi nama  testing2.
    • Where : Pilih dimana file disk image ini akan anda letakkan atau tempatkan.
    • Volume name : Nama ini adalah nama yang akan menjadi nama Volume ketika anda membuka file Disk Image yang telah anda buat. Sebagai contoh saya memberi nama: Perfect.
    • Volume size: Pilih ukuran dari Disk Image yang inginkan.
    • Volume Format: Pilih saja Mac OS Extended, ini merupakan format dasar dari Mac.
    • Encryption : Pilihlah yang direkomendasikan yaitu 128-bit AES Encryption
    • Image format: Pilih saja read/write disk image
    • Setelah mengisi seluruh kolom yang di butuhkan, klik Create.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela baru yang meminta anda untuk memasukkan Password, Ketikkan password dan ulangi password tersebut pada kolom Verify. Hilangkan centang pada “Remember password (add to keychain)” jika anda tidak ingin password anda tersimpan di keychain (Keychain akan membuat password anda terisi secara otomatis saat anda membuka Disk image yang anda akan buat), selanjutnya pilih OK.
  5. Tunggu hingga proses pembuatan disk Image anda selesai.
  6. Setelah selesai maka sekarang anda dapat melihat sebuah volume baru tertambahkan di Finder anda. Silakan masukkan file yang ingin anda lindungi atau sembunyikan.
  7. Setelah mengisi Volume tersebut, silakan Klik tanda EJECT (Disamping nama volume terdapat tanda menyerupai mata Panah).
  8. Sekarang file-file yang telah anda masukkan tersebut sudah aman dan anda dapat membukanya kapan pun anda inginkan dan pastinya akan aman sebab hanya anda yang mengetahui passwordnya.

Semoga tutorial ini dapat membantu anda menyembunyikan file-file penting anda agar tidak terlihat oleh orang lain. Terima kasih telah menunjungi Artikel ini.

Jangan lupa tinggalkan Komentar ataupun saran anda agar saya dapat memperbaiki tulisan saya selanjutnya.

Copyright @efraimmasarrang.wordpress.com / august 2012

Logo Efraim Masarrang

Klik Saya Untuk Kembali ke Halaman Utama / Home


Responses

  1. Lalu untuk melihat nya kembali file yg sudah di sembunyikan? caranya gimana?

    • Tinggal file imagenya di klik gan… nnti dia bkal mnta password yng tadi agan dah buat…
      nah… nnti mncul deh drive baru kaya masukin FD gtu ke PC… nah filenya bisa di liat disitu deh..

    • coba deh dijelaskan lebih rinci…ko” sy ngak bisa nmpak lagi ..gan

      • Masa’ sih gan gak bisa?? bsa printscreen gambarnya n krim ke sya,,, biar sy tau yg mna yg agan mksd gak bisa… thanks…
        efraimmasarrang@yahoo.co.id

  2. thanks bro infonya……..

    • Iaa mas broo… senang bisa membantu anda…

  3. Kalau sudah di klik 100 mb. Kemudian akan diperbesar lagi jadi misalnya 150 mb. Bisa tidak. Caranya bagaimana

    • maaf y baru respond… Hmm caranya mungkin lebih anda membuat yang baru… ada yang nilainya bisa bertambah dengan sendirinya… ada beberapa option distu,,, anda akan lebih mngetahui kelebihan dan kekurangannya masing2 bila anda mencobanya sendiri… anda tidak perlu takut… ada masalah, tinggal delete filenya seperti menghapus gambar biasa…

      smoga membantu…

  4. bro. kok nga ke kunci yah?
    udah ikutin langkahnya. filenya gw taro di doc. uda di eject. pas di buka nga kekunci. gmn atuh? mohon bimbingannya..

    • Maaf bro baru bisa respon…
      Kesalahannya kemungkinan anda mengaktifkan fitur “Remember password in my Keychain” saat menuliskan password… Hilangkan centang tersebut..
      dan yang paling penting… tetapkan ENCRYPTIONnya yang recommended aja 128bit…

  5. Bermanfaat banget😀

    • ehehe… smoga membantu… trima kasih telah berkunjung ya…

  6. Kok tetep gk muncul y pass nya. Gk ke lock. Tanda centangnya ud di gk dicentang, tapi tetep bisa kebuka tanpa minta pass. Apa hrs di setting dulu pass nya di system preferences.?

  7. Kok tetep gk muncul y pass nya. Gk ke lock. Tanda centangnya ud di gk dicentang, tapi tetep bisa kebuka tanpa minta pass. Apa hrs di setting dulu pass nya di system preferences.?

    • Waduh… kock bisa y… seharusnya gak bgtu… biasanya MAC OS kaya gitu kalo passwordnya kesimpan di keychain… nah… sekarang coba periksa keychain kamu… kalo passwordnya ada berarti sistem kamu yang otomatis ngebaca passwordnya… kalo gak gitu.. coba pindahin IMAGE yang kamu buat tadi n cobain di MACBOOK temen kamu…

  8. cara ngeliat keychain dimana ya.? Hehehe nubi nih pake mac baru sebln haha.😀

  9. Mantap kaka, ud bisa, trnyata keychain nya blm di kunci haha. Skrng ud bisa. Tq bgt… (y)

    • Hahahaha… oke oke… Sukses bro… senang bisa membantu…

  10. permisi gan.

    cara menampilkan disc image yang sudah di-eject gimana ya?

    terimakasih banyak. (:

    • Hmm… maksudnya gimana gan?? Disk image kan pada dasarnya seperti file biasa aja sebelum di mount… Nah pada saat kamu buat sebelumnya simpannya di mana gan… kamu cari aja di tempat/dir/(Partisi) yang kamu letakkan saat membuatnya..

  11. how to reset this password folder?

    • I’ve answer it,,

  12. how to reset this password folder??

    • If you forget the password than its can’t… But if you still remember the password and you need to change it, you can easily change it by following this directions: Open you disk utilitis (cmd+shift+u and choose disk utilities), select your disk image there, and from the tab menu above, select IMAGE and choose Change password…

  13. Image mean new Image??

  14. Thanks infonya bro..

    • Oke bro…

  15. iyaaa. gimana sih cara buka file yang udah ke eject. untuk menampilkan nya lahgi bagaimana ya cara nya. saya sudah ke finder tapi file yang saya buat di disk utility gak muncul. sorry banyak tanya yaaa. gak ngerti soalnya

    • Cari filenya yg tdi dah kmu buat.. trus klik 2 kali lg n msukkan passwordnya.. akan terbuka lgi..

  16. Gan Gimana caranya kalo saya masuk fb ada bacaan maaf anda menggunakan Kata sandi lama, seperti ada yg mengganti gan entah siapa .

    • gampang saja.. agan tinggal klik forgot password n ikuti langkah selanjutnya sampai anda memperolh password anda lagi..

  17. Tolong aktifin donk.fb ku yang kblock

  18. gan terus cara hapus disk imagenya gimana?

    • langsung aja kayak hapus file, klik filenya trus tekan cmd+trush


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: