Oleh: efraimmasarrang | Agustus 5, 2012

Cara membuat dan Print Amplop di Mac OS X menggunakan Word for Mac 2011

Cara mudah untuk membuat dan cara print Alamat di Amplop menggunakan Word for Mac 2011

Print Amplop dengan Word For Mac 2011Pada artikel ini saya mencoba untuk share sesuatu yang dianggap mudah tetapi terkadang tanpa disadari kita menemukan kesulitan dalam membuatnya. Pernah kah anda menemukan kesulitan dalam membuat atau kesulitan untuk Print Amplop di Mac OS X??

Saya pernah mengalami hal tersebut, itulah alasan mengapa saya menulis artikel ini. Semoga anda tidak lagi menemukan kesulitan setelah membaca artikel ini, dan jangan lupa jika artikel ini membantu anda berikan komentar di bawah artikel ini.

Sekedar info, saya menggunakan Microsoft Office Word For Mac 2011 dan Printer Canon Pixma MP287 (Anda tidak perlu mempunyai seperti yang saya punyai ini, anda dapat menggunakan printer anda sendiri walaupun berbeda tipe dan merek).

Awalnya saya menemukan kesulitan untuk mencetak sebuah alamat di Amplop putih yang baru saja saya beli. Amplop tersebut merupakan surat yang ingin saya tujukan untuk Penelitian pengambilan data skripsi pada salah satu Unit Pelaksana Teknis milik pemerintah. Setelah mencari sekian lama dan mencoba sekian banyak, akhirnya saya menemukan cara untuk melakukannya, berikut saya share cara membuat dan mencetak alamatnya di amplop.

Awalnya saya melakukan hal di bawah ini dan menemukan kendala, jika anda juga melakukan hal ini sebaiknya anda berhenti melakukannya, sebab hasilnya akan NIHIL, yaitu:

  1. Saya mencoba mengatur ukuran kertas dari lembar kerja / Worksheet Word saya menjadi seukuran dengan amplop. Caranya dengan mengukur amplop dengan mistar ukur dan kemudian mengatur setting ukuran kertas di word sesuai dengan ukuran tadi.
  2. Kemudian saya membuat lembar kerja dalam posisi landscape / horisontal, setalah itu mengetikkan alamat yang dituju tepat di tengah lembar kerja tersebut.
  3. Kemudian saya coba mencetaknya dengan printer, namun berhubung amplop tidak bisa saya letakkan secara horisontal di printer akibat panjangnya ukuran amplop maka saya memasukkannya secara vertikal (Portait).
  4. Tetapi saat di print/dicetak, alamat tersebut tidak muncul. Jadi saya gagal mencetaknya.

Lakukanlah hal berikut ini untuk membuat atau mencetak alamat di amplop secara benar.  Saya telah melakukan hal ini sehingga saya yakin akan berhasil. Langsung saja, inilah caranya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word for mac 2011 anda.
  2. Buka worksheet / lembar kerja seperti biasa saat anda ingin mengetik sesuatu di microsoft word.
  3. Selanjutnya pada menubar pilih TOOLS kemudian arahkan dan pilih ENVELOPE.
    Cara cetak alamat di amplop
  4. Selanjutnya akan muncul halaman / form Envelope / Amplop dan pada halaman ini anda dapat melihat Delivery address, Return address, dan juga Printing options. Pada delivery address isikan alamat yang ingin di tuju, tetapi yang paling penting adalah perhatikan PRINTING OPTION, pilih lah pilihan kedua (use custom settings. Use this option bla bla bla) dan klik Custom tepat di sampingnya.
    mencetak amplop dengan word for mac
  5. Selanjutnya anda akan menemukan halaman setting baru, perhatikan Feed Method di halaman tersebut. Tandailah pilihan Face Down kemudian pilih feed method ke 5 (saya memilih ini sebab saat memasukkan amplop di printer, saya memasukkannya di tengah, sesuaikan pilihan ini dengan printer anda), kemudian klik OK.
  6. Selanjutnya anda akan menemukan Lembar kerja anda menjadi mode Amplop, lengkap dengan alamat yang telah anda masukkan di form delivery address tadi.
    Amplop di MaC OS X
  7. Saat anda ingin mencetak alamat tersebut, masukkan amplop di printer anda, masukkan saja amplopnya seperti saat memasukkan kertas biasa yaitu vertikal / portrait.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mencetak sebuah alamat di kertas amplop. Terima kasih telah berkunjung di efraim anak desa.
Jangan lupa berikan komentar atau saran jika anda merasa terbantu ataupun masih ada yang kurang jelas dengan artikel ini !!

August 2012 Copyright @efraimmasarrang.wordpress.com

Logo Efraim Masarrang

Klik Saya Untuk Kembali ke Halaman Utama / Home


Tanggapan

  1. zip..

    • Oke oke

  2. mksh ilmunya, semga bermanfaat

  3. terimakasih ilmunya, oia klo microsoft word 2007 bisa ga ?

    • Bisa gan.. prinsipnya sama aja sama yang di artikel ini.. hehe

  4. ternyata mudah ya cetak amplop di word mac
    nice share, makasih …

    • Oke gan… Sama-sama semoga bermanfaat.

  5. ahirnya bisa juga, ty infonya min

    • Hehe.. oke oke.. terima kasih telah berkunjung ya..


Tinggalkan komentar

Kategori