Oleh: efraimmasarrang | November 8, 2012

Cara mempercepat STARTUP Windows

Daftar aplikasi startupCara mempercepat startup windows XP or 7 – terima kasih telah menyempatkan diri untuk membaca tutorial-tutorial efraim anak desa, setelah menulis mengenai cara mengatahui IP komputer, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Bagaimana cara untuk mempercepat proses booting atau startup windows. Dasarnya adalah Mematikan beberapa Aplikasi atau software yang berada daftar Startup.

Pernahkan anda mendengar apa itu STARTUP pada OS windows?? Startup adalah proses dimana sistem OS windows mulai menjalankan software tertentu saat windows mulai di start atau dinyalakan. Arti sederhananya adalah dengan startup maka software-software tertentu akan berjalan atau beroperasi secara sendirinya tanpa anda perlu menjalankannya, proses ini terjadi saat anda mulai masuk sistem windows anda.

Apa pengaruh STARTUP dengan beroperasinya windows??
Saat pertama masuk halaman windows atau anda baru saja menjalankan komputer/laptop anda maka yang terjadi adalah sistem startup akan menjalankan semua aplikasi/software yang terdaftar dalam LIST/DAFTAR startup, sehingga anda harus menunggu terlebih dahulu sampai semua software tersebut berhasil di jalankan. Inilah yang membuat komputer/laptop membutuhkan waktu beberapa lama sehingga anda dapat menggunakan laptop tersebut untuk menjalankan software lain.

Contoh-contoh Aplikasi/Software yang biasa berjalan pada saat startup:

  • Yahoo messenger
  • Anti Virus Updater (AVG, Norton, Smadav, dll)
  • Acrobat reader
  • Quicktime
  • Autocad
  • dll

Apakah aplikasi-aplikasi tersebut sepenuhnya berguna atau memang perlu di jalankan saat startup??
Jawabannya terletak pada anda sendiri, Jika anda tiap hari sering menggunakan Yahoo Messenger untuk chatting maka biarkan aplikasi ini berjalan saat startup, tetapi bila tidak atau jarang menggunakan YM untuk chatting ada baiknya anda TIDAK menjalankan YM pada saar startup, Kalaupun anda nanti membutuhkannya, anda hanya perlu mencarinya di daftar aplikasi / application di menu Start untuk menjalankannya, mudah bukan?? Hal ini berlaku pula untuk aplikasi-aplikasi yang lain.

Cara melihat DAFTAR APLIKASI STARTUP:

  1. Masuk RUN (tekan Windows + R pada keyboard)
    RUN startup
  2. ketik msconfig lalu OK/enter
  3. Pada jendela system configuration pilih tab Startup
    Daftar aplikasi startup
  4. pada tab startup anda dapat melihat aplikasi yang aktif saat windows start.

Cara mematikan aplikasi startup Windows:

  1. Pada tab startup pada jendela System Configuration, perhatikan aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin anda matikan/disable
  2. Setelah memilih aplikasi-aplikasi yang ingin anda disable, HILANGKAN tanda CENTANG di samping aplikasi tersebut.
  3. Klik APPLY untuk menerapkan pengaturan yang telah anda buat.
  4. Klik OK untuk keluar dari jendela system configuration.
  5. Anda akan diminta untuk mematikan/me-Restart windows anda untuk membuat pengaturan yang dibuat berjalan. Anda dapat memilih restart later bila anda ingin melakukan perintah ini kelak.

Setelah anda mematikan aplikasi-aplikasi tersebut Niscaya laptop/PC/komputer anda akan lebih cepat startup / lebih cepat untuk digunakan menjalankan aplikasi lain saat pertama menyalakannya.

Bila anda bingung untuk menentukan jenis aplikasi apa yang ingin anda matikan maka contact me dan kirimkan screenshot daftar aplikasi startup anda, saya siap membantu mempercepat booting startup windows yang anda punya.

Tinggalkan komentar anda di akhir tutorial ini, tiap komentar yang anda berikan akan memberi saya semangat baru dalam berkarya.. :):)

Copyright @efraimmasarrang.wordpress.com / November 2012

Logo Efraim Masarrang


Tanggapan

  1. mantap sudah infonya!!!!!

    • Hehehe… terima kasih y… salam kenal…

  2. Makasih, sangat membantu.

    • Oke oke… terima kasih telah berkunjung…


Tinggalkan komentar

Kategori