Oleh: efraimmasarrang | April 20, 2013

Cara mengerjakan tes PSIKOTES / GAT PT. PLN (Persero)

Test GAT PT PLN PerseroPT. PLN (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang penyediaan energi listrik bagi seluruh rakyat Indonesia. Sejak tahun 1994 PLN berubah dari yang awalnya merupakan Perusahaan Umum menjadi perusahaan Perseroan (Persero). PLN dan PERTAMINA merupakan Top Incaran bagi semua pencari kerja baik yang Fresh Graduate ataupun yang sudah pengalaman.

PT. PLN (Persero) selalu membuka rekruitment / Penerimaan calon karyawan setiap tahunnya ada yang penerimaannya berlangsung di kota besar seperti Jakarta, Jogja, dan ada pula di daerah seperti Makassar, Medan, dan lain lain. Berhubung bagusnya prospek masa depan bagi seluruh karyawan PT. PLN sehingga peminat yang ingin mendaftar dan ingin menjadi karyawan sangat banyak. Setiap adanya lowongan yang di buka, sangat banyak para pencari kerja yang mengajukan lamaran mereka, bahkan berasal dari seluruh Indonesia.

Tahapan tes PT. PLN adalah sebagai berikut:

  • Administrasi
  • GAT (General Aptitude Test)
  • Tes Akademik dan Bahasa Inggris
  • Psikotest dan Tes FGD (Focus Group Discussion)
  • Tes Kesehatan
  • Interview akhir

Kali ini saya akan memberikan gambaran bagaimana cara mengerjakan tes GAT (General Aptitude Test) PT. PLN (Persero), GAT banyak juga yang menyebutnya sebagai Psikotest namun perbedaannya GAT jauh lebih kompleks. Ada 9 (sembilan) bagian dalam test GAT sehingga anda harus berkonsentrasi penuh agar dapat mengerjakannya dalam waktu singkat (Ingat!! kita di batasi waktu). Mau tahu secara lengkap?? Saya akan membahasnya. check it out!!

9 (Sembilan) bagian dari test GAT PT.PLN (Persero) akan saya bahas satu per satu, sebagai berikut:

  1. Tes Pengetahuan Umum (20 Soal)
    Tes ini hanya menguji pengetahuan anda secara umum / general, bagian ini terasa lebih mudah jika anda memiliki pengalaman yang banyak tentang sesuatu. contohnya seperti ini:

    a. Berapa garis tengah uang Rp. 50,- ?
    b. Berapa jarak jakarta – Surabaya ?

  2. Tes Kesamaan Kata (20 Soal)
    Tes ini menuntut anda untuk mengenal 5 jenis kata yang disediakan, kemudian tentukan 1 kata yang berlainan atau tidak sama dengan ke-4 kata yang lain, contohnya seperti ini:

    biola      Seruling      Clarinet       terompet        saxofone
    Maka jawabannya:
    Biola sebab alat musik yang lain ditiup sedangkan biola di gesek

  3. Tes Hubungan Kata (20 soal)
    Pada tes ini ditentukan tiga kata. Antara kata pertama dan kata kedua terdapat suatu hubungan tertentu. Antara kata ketiga dan salah satu kata di antara kelima kata pilihan, harus pula terdapat hubungan yang sama. Carilah kata itu. contohnya:

    HUTAN : POHON = TEMBOK : …
    a. batu bata    b. rumah   c. semen    d. putih    e. dinding
    Jawab:
    Hubungan antara hutan dan pohon adalah bahwa hutan terdiri atas pohon-pohon, maka hubungan antara tembok dan salah satu kata pilihan adalah bahwa tembok terdiri atas batu bata. Jawaban yang benar adalah : batu bata . Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban a. batu bata.

  4. Tes Pengertian Kata (20 soal)
    Ditentukan  dua  kata.  Carilah  satu  perkataan  yang  meliputi  pengertian  kedua  kata  tadi.  Tulislah perkataan itu pada kotak yang telah disediakan. Contohnya:

    Ayam – itik = …
    Jawab:
    Kata “unggas” dapat meliputi pengertian kedua kata tersebut. Oleh karena itu pada isian yang telah disediakan tulis kata “unggas”.

  5. Tes Aritmatika (20 soal)
    Pada tes ini anda diminta untuk mengerjakan soal hitungan dan bentuk cerita. Baca dengan seksama dan pahami maksud dari soal yang ada. Contohnya:

    Dengan naik sepeda, Paink dapat menempuh 20 km dalam waktu 1 jam. Berapa km-kah yang dapat ia tempuh dalam waktu 4 jam ?
    Jawabannya adalah : 80
    Cara menjawabnya adalah anda akan disediakan angka 0 1 2 3  4 6 7 8 9 pada lembar jawaban kemudian pilih lah angka yang sesuai dengan jawaban anda. Misalnya jawabannya 80 maka anda harus mencoret angka 0 dan 8 pada lembar jawaban, bila jawabannya 12000 maka anda mencoret angka 1, 2, dan 0.

  6. Tes Deret Angka (20 soal)
    Pada test berikut akan diberikan deret angka. Setiap deret tersusun menurut suatu pola tertentu dan dapat dilanjutkan menurut pola tersebut. Carilah angka berikutnya untuk setiap deret, dan tulis jawaban saudara pada kotak yang telah disediakan. Contohnya:

    2 4 6 8 10 12 14 ?
    Pada deret ini angka berikutnya selalu didapat jika angka didepannya ditambah dengan 2.
    Jawabannya adalah : 16.

  7. Tes Potongan Gambar (20 soal)
    Pada bagian ini, setiap soal memperlihatkan sesuatu bentuk tertentu yang terpotong menjadi beberapa bagian. Carilah diantara bentuk-bentuk yang terdapat dalam pilihan (a, b, c, d, e), suatu bentuk yang dapat dibangun dengan cara menyusun potongan-potongan yang terdapat dalam soal. contohnya:
    GAT PLN
    Jawaban:
    contoh 1 menghasilkan bentuk (A)
    contoh 2 menghasilkan bentuk (E)
    contoh 3 menghasilkan bentuk (B)
    contoh 4 menghasilkan bentuk (D)

  8. Tes Kemampuan Ruang (20 Soal)
    Terdapat sebuah kubus dengan tanda yang terlihat pada ketiga sisi nya. Kubus tersebut dapat diputar, dapat digulingkan atau dapat diputar dan digulingkan dalam pikiran saudara. Carilah 1 (satu) dari 5 (lima) pilihan kubus yang memiliki tanda yang sama dengan kubus yang terdapat pada soal. Contohnya seperti ini:
    Test DADU PLN
    Jawaban:
    Contoh 1 memperlihatkan kubus A dengan kedudukan yang berbeda. Mendapatkannya adalah dengan cara menggulingkan lebih dahulu kubus itu ke kiri satu kali kemudian diputar ke kiri satu kali, sehingga sisi kubus yang bertanda dua segi empat hitam terletak di depan seperti kubus A.Contoh 2 adalah kubus E. Cara mendapatkannya dengan digulingkan ke kiri satu kali dan diputar ke kiri satu kali, sehingga sisi kubus yang bertanda garis silang terletak di depan seperti kubus E

    Contoh 3 adalah kubus B.
    Contoh 4 adalah kubus C
    Contoh 5 adalah kubus D

  9. Tes menghafal Cepat (20 Soal)
    Pada bagian ini Anda akan diberikan secarik kertas mengenai kata-kata yang perlu saudara hafalkan dalam waktu menit. Setelah 3 menit, kertas tersebut akan diambil kembali oleh pengawas. Contohnya :

    BANGUNAN :  Hotel, Mall, Cafe, Kost
    BAGIAN TUBUH :  Wajah, Jari, Pantat, Telinga
    UNIVERSITAS :  Unhas, ITS, Oxford, Stimik
    ALAT MUSIK :  Guitar, Angklung, Drum
    BINATANG :  Rangkong, Badak, Babi, Laba-laba

    Soalnya seperti ini :
    Kata yang mempunyai huruf permulaan A adalah suatu……………
    a. bangunan b. bagian tubuh  c. universitas d. alat musik e. binatang
    Jawab:
    Angklung adalah termasuk dalam jenis Alat Musik, sehingga jawaban yang benar adalah Alat musik. Oleh karena itu pilih jawaban d. alat musik

Demikianlah tulisan saya mengenai contoh soal GAT PT. PLN Persero, Semua soal tersebut di kerjakan dalam waktu yang cukup singkat sehingga anda memerlukan konsentrasi yang cukup untuk mengerjakannya, Ingat lah sebelum mengikuti tes ini hal yang harus anda lakukan adalah:

  1. Ketahui lah lokasi tes anda, jauh-jauh hari sebelum tes mulai agar anda tidak kewalahan mencari alamat lokasi tes anda yang dapat berakibat kurangnya konsentrasi.
  2. Tidur yang nyenyak (Jangan sekali-kali begadang). Sepintar apapun anda bila kurang istirahat maka saya akan yakin anda akan sulit mengerjakannya dengan benar dan cepat.
  3. Persiapkan semua perlengkapan tes yang di butuhkan 2 hari sebelum pelaksanaan tes seperti Ballpoint, Pensil 2B, penghapus, Pakaian yang akan anda kenakan, dan lain-lainnya.
  4. Datang Tepat waktu usahakan 30-60 menit sebelum waktu tes mulai. Ini berguna untuk mengurangi rasa grogi anda agar  saat mengerjakan tes dapat lebih santai.
  5. Paling penting BERDOA. Serahkan semua pada Yang Maha Kuasa sebab hanya DIA yang akan memuluskan semuanya bila anda berserah pada-Nya.

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semua, semoga bermanfaat dan Anda semua para reader di blog saya dapat LULUS semua. Jika ada yang ingin anda tanyakan, Silakan bubuhkan KOMENTAR kamu, Pasti saya akan menjawabnya.

Saran dan Komentar anda akan sangat berguna bagi saya untuk mengembangkan bakat dan keinginan saya dalam menulis, Mohon bubuhkan komentar kamu yaa, Terima kasih.

Copyright @efraimmasarrang.wordpress.com/April 2013

About these ads

Responses

  1. Jd seperti ini lah Ɣª gambaran’ya test GATnya.
    Sy akan mengikuti test GAT ne,sy sdh dftar d PLN (persero),tp sy blm tw tgl brp testnya.
    Sy ingin sx msuk d PLN ne,soal2nya tidak jauh kan dr Чªήб d contoh

    • Iyaa seperti itulah gambarannya… hanya saja.. kalo kamu gak sering berlatih bakal sulit dalam melihat gambar, dadu, dan juga menghafalnya…
      Pokonya ngak bakal jauh bahkan sebagian akan sama dengan yang di atas…

  2. terimakasih atas informasi nya, ini sangat bermanfaat bagi saya :)

    • Oke semoga bermanfaat.. senang bisa membantu anda…

  3. besok sya mau tes rekrtmen PLN. Ini pertama x sya ikut. minta doa’nya yaa

    • Oke gan… semoga sukses… amin

  4. matur suwun sanget mas informasine sangat berguna sebelum GAT

    • sama-sama gan… senang bisa membantu… semoga bisa bermanfaat…

  5. thanks untuk infonya, ini sgt berguna smg info ini memudahkan saya bisa melewati tesnya dengan lancar, amin….

    • Amin Amin,, senang bisa membantu anda,,,

  6. saya insya allah senin akan test gat di kota medan,,
    jujur sy kurang paham yg gambar2….mohon tips nya kak..n bntu doanya jg ya….

    oh ya kak,,,ttg test pln yg lain apa kk ada gambarannya…bisa d bntu kak

    • Hmm.. tipsnya kamu hanya bisa banyak latihan-latihan… Untuk SOAL GAT PLN ada kock di internet yang lengkap, kamu bisa cari melalui 4shared…

      Kalo gambar yang dadu triknya perhatikan aja kalo ada bagian yang sama dengan kelima gambar (Acuan) pada saat gambr (yang ada di soal) blum kamu ubah posisinya berarti itu sudah jelas bukan jawabnnya alasannya yaitu pada saat kita menggerakkan gambar tersebut maka gambar yang posisinya sama pasti akan berubah, selain itu perhatikan juga TITIKnya… selalu jadikan titik tersebut sebagai acuan kamu..

      Buat yang gambar hitam2 itu, yang melengkapi gambar,, kamu cukup perlu membayangkan bagian2nya bila gambar tersebut di gabungkan.. pasti ada petunjuk dari soalnya kock… biarpun mereka udah pecah gambarnya pasti ada bagian tertentu yang masih dimiliki gambar pada soal yang merupakan bagian gambar dari kelima gambar acuan yang ada…

      • makin mepet waqtu nya makin pening ne kak…uda stres duluan. T_T tapi makasiiii buanyak ya kak…n mohon bantu do’a nya moga saya sukses dr awal ampe akhir..

        oh ya kak,,boleh minta email nya,,masih bnyak yg maw ditanyakan,,,,tapi law kk ada waqtu ya

  7. terima kasih gan untuk informasi dan bantuannya.
    ini sangat membantu sekali untuk kami.
    sukses.

    • Iaa sama sama.. semoga sukses yah… Ingat jangan bgadang saat mau tes…

  8. Trm ksh atas informasinya,ini sgt bermanfaat sx bg sy dan Чªήб lain.

    • Oke senang bisa membantu kamu… Semoga Ntar hasilnya maksimal… n teman2 bisa lulus semua…
      Oh iaa sekedar info.. tes ke-3 atau Psikotes PLN soalnya hampir sama dengan GAT ada 9 bagian juga hanya ada bberpa kata yang agak sulit dan kemudian di tambah dengan Pauli + tes Warteg (8gambar) + Gambar Orang + Gambar Pohon… So kalo udah lulus GAT tinggal siapin buat belajar gambar aja sisanya…
      Semoga sukses semuanya… God Bless You All…

  9. trima ksh atas infonya, ini sangat bermanfaat. saya mnjadi pnya gambaran untuk mngikuti tes nti hr rabu di jakarta. sy ingin mnanyakan apabila saya lulus tes GAT selanjutnya itu tes akademik & b. inggris ya? klo tes itu bagaimana gambarannya?

    • Sama-sama.. senang bisa membantu.. Iaa bener… habis GAT dilanjutkan dengan AKDING… Utk tes Akademik itu tergantung jurusan masing masing mbak putri… Kalo org elektro pasti soalnya mngenai elektro.. ada 50 soal pokoknya dan menggunakan sistem benar 4, salah -1,,

      Kalo bahasa inggris.. yaa Toefl biasa.. hanya saja kalo dah gak pernah latihan lagi bakal brabe juga mbak.. Cuma seperti berbeda-beda pelaksana Toeflnya tergantung sama siapa PLN bekerja sama…

  10. Terima kasih bang atas gambaranya.
    Setelah Tes GAT berapa biasanya penguman kelulusannya

    • Berapa maksudnya nih gan?? brapa lama atau berapa banyak?? Kalo berapa lama, denger2 kabar tahun ini bakal Maraton deh jadi kayaknya sehari ato 2 hari udah ada pengumumannya… kalo nanya berapa banyak tergantung panitia gan.. hehehe

  11. misi gan, ak mau nanya..
    dulu ikut GAT dimana gan ??
    kalo dikampus its, GAT nya sama seperti yg sudah dijelaskan diatas gak??mohon infonya gan..
    tanks

    • Aku GAT di wktu ECC UGM taon 2013 nih… Biar dmna pun.. soal GAT nya pasti akn sama… Percaya deh…

      • Ohh gitu ya gan …
        kayanya pernah test di ITS jg neh se agan ….
        tanks ya gan infonya ..
        mohon doanya, besok ane test di ITS
        hehe

  12. makasih buat infonya y kk..

    • iaa sama sama y…

  13. thx brat ats infonya…smoga boz efraimmasarrang lancar jaya dlm mngmbangkn bakt dn kinginn mnulis’y, Aamiinn..

    • AMin amin.. Mkasih yaa boss.. SUkses selalu..

  14. Gan efraim yg terhormat.. Mantaf informasi soal GAT PLN nya nih, bisa minta link download soal GAT yg lengkapnya? Saya berusaha mencari tipe soal GAT seperti ini di Gramedia yg ada hanya soal TPA / psikotes biasa, ada referensi buku ( judul dan pengarang) nya ga mas? Tmksh. Salam

    • Iaa gan nanti ane bantu y…

  15. Tes hubungan kata kok persis kayak tes hubungan kata yang aku kerjakan kmrn, apakah contoh itu memang ada pada tiap soal hunungan kata ataukah memang soal itu juga sebagian besar digunakan pada tes psiko BUMN ? Jd pengen beli e book yang ada kata kata seperti contoh hubungan kata itu,, bagaimana menurut agan? Kebetulan saja ataukah sama?

    • Emang sebagian besar BUMN gunain soal itu kock gan… hehe..

  16. Mkasi bang…sngat brmanfaat…

    • Terima kasih kembali…

  17. gan boleh minta FBnya buat tnya”

    • Silakan buka Menu ABOUT ME gan.. ada kock dstu.. Terima kasih

  18. untuk tes akademik dan tes bahasa inggris itu seperti apa.

    • Tes Akademik itu mengenai bidang keilmuan masing-masing gan, kalo Teknik Elektro berbeda dengan jurusan lainnya.
      Tes Bahasa Inggris itu hampir menyerupai Toefl pada umumnya hanya ada beberapa perbedaan di dalamnya, misalnya melengkapi kalimat yang ada beberapa kata yang di hilangkan. Kita diminta mendengarkan sejumlah kalimat / paragraf yang di bacakan, kemudian begitu ada kata yang sesuai dengan soal yang diberikan kita harus mengisikan kata tersebut pada blank answer yang ada pada soal tersebut.

      Kalo agan berasal dari TEKNIK ELEKTRO, saya punya SOAL akademik tes PLN untuk TEKNIK ELEKTRO. Sayangnya tidak GRATIS gan, Ada soal dan jawabannya hanya masing-masing memiliki harga, Kalo agan berminat silakan baca petunjuk pembelian DISINI (KLIK).

  19. Terimakasih atas infonya, hal ini sangat dan amat bermanfaat buat saya :)

    • Oke gan terima kasih telah bermakunjung. Kalo ingin lebih jelasnya, saya punya soal GAT PLN yang saya jamin keluar dan sama persis. Sayangnya tidak GRATIS gan, Kalo agan berminat silakan baca petunjuk pembelian DISINI (KLIK).

  20. thanks info nya min ntar lg gue ujian doakan yee :D

    • Amin gan

  21. terima kasih ya

    • Sip sip deh….

  22. keren gan, ini soalnya persis banget waktu ane tes BDP BCA tgl 13 September di Malang.. Sayangnya ane baru belajar n nyari2nya skrg, wktu psiko kemarin ane ga lolos, kurang berlatih dan kurang persiapan :D

    • Hahaha… Iaa gan… Kalo agan mau… Silakan beli aja soalnya ma saya.. Aku punya soalnya Lebih lengkap n lebih mendetail banget, Jamin bakal lolos deh… Klik DISINI aja gan.

  23. terima kasih banyak gan..semoga ini bermanfaat dan memberikan agan pahala yang tidak putus gan.

    • Amin amin.. Makasih yaa…

  24. bagus sekali broo.. thanks infonya

    • Oke oke… Smoga bisa terbantu..

  25. Thank you gan, bermanfaat sekali infonya.

    • Oke oke gan…

  26. Thank’s bro atas bantuannya… sukses buat anda ! Gbu

    • Thanks

  27. makasih banyak gan, akhirnya saya lolos psikotest.. makasih banyak, makasih makasih makasih.. bisa bantu untuk FGD mas??

    • Baca di blog ku boss soal FGD


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: